Cara Memotret Makro

Cara Memotret Makro – Macro Photography atau fotografi makro adalah teknik fotografi dengan jarak yang sangat dekat guna mendapatkan detail yang tinggi tapi tidak memerlukan bantuan alat optic tambahan seperti mikroskop. Intinya, fotografi makro ini merupakan fokus fotografi pada suatu hal yang berukuran kecil misalnya hewan kecil. Banyak referensi yang menyebutkan bahwa fotografi makro ini sering disebut juga sebagai teknik extreme close up. Cara Memotret Makro tidaklah mudah, kita harus memperhatikan teknik-teknik tertentu. Menciptakan fotografi makro yang baik biasanya kendala terdapat pada alat-alat yang cukup mahal untuk dibeli.

Cara Memotret MakroCara Memotret Makro

Biasanya fotografi makro menggunakan lensa makro dengan ukuran 50 – 200 mm dan 150 – 200 mm, lensa dengan ukuran tersebut cocok untuk memotret makro namun harga lensanya tidak murah. Anda juga bisa memanfaatkan fiture zoom pada lensa namun hasilnya tidak akan terlalu detil seperti menggunakan lensa dengan ukuran diatas. Selain itu, anda harus menambahkan alat tambahan seperti extension tube. Extension tube adalah alat tambahan yang berfungsi untuk memperpendek fokus lensa sehingga kamera akan menghasilkan gambar yang besar dari subjek yang kecil. Menambahkan close up filter untuk lensa tunggal akan memberikan filter seperti kaca pembesar, foto makro anda akan terlihat hebat dan baik jika menggunakan lens ini, biasanya close up filter +1 dioptri hingga +4 dioptri pembesaran. Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam Cara Memotret Makro.

Dalam proses pemotretan makro, anda bisa menerapkan teknik depth of field dengan memilih bukaan aperture kecil seperti f/16 atau yang lebih kecil lagi. Padukan flash dengan ambient light agar lebih menciptakan gambar dengan kesan yang hidup, anda bisa menurunkan shutter speed hingga dibawah 1/200. Menciptakan foto makro yang baik juga tidak hanya objeknya saja, namun kita harus memperhatikan mengenai background yang baik juga, pilihlah background yang baik dengan warna yang tentunya berbeda dengan objek fokus yang akan difoto. Demikianlah informasi mengenai Cara Memotret Makro, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda! So? Tunggu apalagi! Segera bereksperimen dengan fotografi makro!