Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR – Sebagai fotografer pemula atau yang handal sekalipun, selain mengetahui cara memakai kamera DSLR yang profesional, kita harus tau cara merawat kamera DSLR yang baik. Kamera DSLR akan lebih awet apabila kita merawatnya dengan benar, setidaknya kita membersihkan lensanya agar terhindar dari debu. Anda harus rutin membersihkan kamera DSLR agar terhindar dari jamur dan kuman lainnya yang nantinya akan menghambat kinerja kameranya sendiri.

Cara Merawat Kamera DSLR

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam cara merawat kamera DSLR adalah kebersihan. Kebersihan adalah hal yang paling penting, apalagi jika kita membicarakan mengenai lensa kamera, kita harus sealu menjaga kebersihan lensa kamera DSLR, anda bisa menggunakan cleaning kit atau membeli cairan pembersih khusus yang bisa anda dapatkan di toko-toko terdekat, semprotkan cairan pembersih dengan perantara lap kemudian mulailah bersihkan pada seluruh lensa. Jangan sepelekan lho! jari dan debu dapat mengotori lensa anda. Barang elektronik seperti kamera DSLR ini kadang-kadang rentan terhadap air sehingga jangan sampai kamera DSLR anda kemasukan air (kecuali kamera denga fiture panti air), air juga akan membuat kamera anda lebih sensitive terkena jamur.

Jangan lupa untuk selalu membawa kamera dengan tas yang khusus, tas yang khusus akan membuat kamera DSLR anda aman dari debu, aman dari benturan, dan tetap terjaga kebersihannya. Biasanya tas khusus akan dilengkapi dengan bantalan empuk yang membuat kamera dan perlengkapan lainnya terhindar dari benturan. Gunakan pelindung pada layar LCD agar layar LCD anda tidak mudah tergores atau terkena debu. Anda bisa melakukan pembersihan body kamera secara berkala, lalu bagaimana cara merawat kamera DSLR khusus bodynya? Tidak perlu repot-repot dengan membeli pembersih, anda bisa membersihkannnya dengan menggunakan minyak kayu putih dengan cara teteskan pada kain halus, kemudian oleskan kain terseut pada seluruh body kamera hingga karet ring zoom dan ring fokus pada lensanya.

Itulah beberapa cara merawat kamera DSLR yang dapat anda aplikasikan agar kamera anda tetap awet. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!