Pengertian ISO pada Kamera

ISO pada Kamera – Pernahkah anda menggunakan kamera digital, kamera smartphone, kamera mirrorless dan ketika settingannya pada bagian manual, anda melihat pengaturan ISO biasanya dari range 100 hingga 64000 sesuai dengan spesifikasi dari kameranya sendiri. Jika pernah, apakah kalian sudah benar-benar mengerti mengenai apa itu ISO? Misalnya apa pengertiannya dan untuk apa gunanya? Sebagai seorang fotografer atau anda yang ingin memulai karir sebgai fotografer, anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan ISO karena hal itu merupakan suatu hal yang penting untuk dikuasai secara dasar. Secara singkat, ISO adalah tingkat sensitive sensor kamera terhadap cahaya.

ISO Pada Kamera

Sebagaimana yang terlah disebutkan diatas, ISOadalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya yang diterimanya sehingga semakin tinggi ISO dalam pengaturan kamera anda, semakin sensitive juga sensor kamera anda terhadap cahaya. Tapi, semakin sensitive ia terhadap cahaya, hal itu dapat menyebabkan semakin banyak noise pada hasil fotonya sehingga warna dalam foto anda bisa menjadi kurang detail atau tajam, oleh karena itu anda sebagai fotografer profesional harus dapat mengatur ISO mana yang tepat untuk keadaan pemotretan agar hasilnya pun maksimal.

ISO adalah suatu hal yang cukup penting. Lalu bagaimana kita menggunakan ISO? Biasanya ISO manual digunakan dalam kondisi yang kurang cahaya, bisa pada malam hari atau ruangan yang cukup gelap. Pada kondisi tersebut anda bisa menaikan jumlah ISO menjadi lebih tinggi agar sensor kamera dapat menangkap gambar pada ruangan yang minim cahaya, anda juga harus mengatur aperture dan shutter speednya agar hasil fotonya maksimal, tapi tetap ingat! Jangan menggunakan ISO yang terlalu besar agar tidak menimbulkan noise pada foto anda. ISO juga selalu diumpamakan dengan beberapa pekerja, jika anda menggunakan ISO 100, bayangkan anda mempunya 100 pekerja yang akan mengumpulkan cahaya oleh 100 pekerja, sedangkan ketika anda memilih ISO 64000, berarti anda mempekerjakan 64000 pekerja yang semakin banyak mengumpulkan cahaya pada hasil foto anda. Demikian informasi mengenai pengertian ISO, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.