Pengertian Shutter Speed pada Kamera

Pengertian Shutter Speed pada Kamera – Untuk memahami segitiga exposure, kita harus memahami mengenai shutter speed. Lalu atrol bpa itu shutter speed? Shutter speed adalah kecepatan bukaan rana yang dapat mempengaruhi pencahayaan. Shutter speed dapat mengontol blur dan berpengaruh dengan hasil foto anda, sebagai seorang pemula anda harus mengetahui dan memahami mengenai shutter speed. Memahami shutter speed berarti menuntut anda untuk memahami elemen lainnya seperti ISO dan aperture, jika anda sudah memahami mengenai ketiga elemen tersebut, anda akan mudah untuk memahami exposure. Dijamin anda akan menguasai dasar dari dunia fotografer.

Pengertian Shutter Speed Pada Kamera

Jika anda mengatur shutter speed, semakin lambat shutter speednya maka semakin banyak juga cahaya yang masuk, sebaliknya jika semakin cepat shutter speednya maka semakin sedikit pula cahaya yang masuk. Shutter speed adalah pengaturan yang diatur dalam satuan detik dan bahkan sepersekian detik jika semakin cepat, ketika anda mengatur shutter speed menjadi 1/1250 maka jendela kamera anda akan tertutup pada 1/250 detik. Jika anda menggunakan mode auto pada kamera anda, kamera anda akan secara otomatis menempatkan shutter speed sesuai dengan keadaan tempat pemotretan anda. Semakin panjang focal length suatu lensa juga dapat mempengaruhi shutter speed, semakin panjang berarti semakin cepat settingan shutter speed, misalkan jika anda mempunyai lensa dengan focal length 200 mm, maka anda bisa mengatur shutter speed yang digunakan sekitar 1/200 agar tidak terjadi blur ketika goyangan.

Shutter speed dapat berguna dalam berbagai fotografi, misalnya ketika kita ingin menggunakan kamera untuk memfoto bintang atau bimasakti, kita bisa menggunakan shutter speed yang cukup lama atau mode bulb namun dibutuhkan tripod agar tidak terjadi goyangan dan membuat fotonya menjadi blur. Shutter speed juga dapat digunakan ketika kita akan membuat efek kreatif misalnya pada air terjun, kita bisa membuat efek air terjun lebih baik dari kenyataannya. Sebagaimana yang dikatakan diatas, shutter speed adalah suatu hal yang wajib dipahami oleh seorang fotografer. Demikian informasi mengenai shutter speed, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!