Perbedaan Kamera DSLR dan Prosumer

Perbedaan Kamera DSLR dan Prosumer – Kamera DSLR (Digital Single lens Reflex) adalah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder (lubang kecil dibelakang kamera tempat melihat objek). Lalu apa yang disebut dengan kamera prosumer? Kamera prosumer adalah kamera yang lensanya tidak bisa diganti lagi, oleh karena itu lensa kamera prosumer biasanya cukup panjang bergantung jenisnya. Lalu bagaimana dan apa saja perbedaan kamera DSLR dan prosumer?

Perbedaan Kamera DSLR Dan Prosumer

Salah satu perbedaan yang mencolok dari DSLR dan prosumer adalah sensor. Tentu sensor kamera DSLR mempunyai ukuran sensor yang jauh lebih baik apalagi jika kamera DSLR nya dilengkapi dengan full frame yang baik. Namun apabila dari segi harga, harga kamera prosumer lebih rendah dibandingkan dengan harga kamera DSLR. Kualitas gambar kamera prosumer lebih rendah dibandingkan kualitas gambar kamera DSLR. Kamera prosumer tentu lebih praktis dibandingkan dengan kamera DSLR karena bentuk dan bobotnya yang kebanyakan lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan kamera DSLR. Perbedaan kamera DSLR dan prosumer lainnya diantaranya sebagai berikut,

  1. Autofokus kamera prosumer kemampuannya lebih rendah dibandingkan dengan kamera DSLR karena kamera DSLR menggunakan metode face detected dan dapat mengunci objek. Kamera DSLR juga unggul pada pencarian titik fokus pada keadaan gelap, berbeda dengan kamera prosumer yang autofokusnya masih lambat dan kurang maksimal mencari titik fokus.
  2. Shutter speed kamera prosumer tidak seresponsif kamera DSLR, kasarnya kamera prosumer masih ‘lelet’ dalam mengambil gambar dibandingkan kamera DSLR yang bisa mengambil beberapa frame perdetik.
  3. Fiture kamera DSLR lebih canggih apabila dibandingkan dengan kamera prosumer misalnya fiture ISO nya masih terbatas, dll. Anda juga bisa mengganti lensa pada kamera DSLR sedangkan pada kamera prosumer lensanya tidak dapat diganti-ganti.

Itulah beberapa prbedaan kamera DSLR dan prosumer, semua nya bergantung pada pilihan anda lagi, apakah anda akan memilih kamera Prosumer atau DSLR. Namun, lebih baik anda menggunakan kamera DSLR jiga mempunyai budget yang cukup. semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!